Senin, 21 November 2011

Apa yang dimaksud dengan bekerja..?

Hampir di setiap sudut kehidupan kita menyaksikan begitu banyak orang bekerja, mereka melakukan aktivitas, walau demikian tidak semua aktivitas manusia dikategorikan bekerja. Karena, dlm makna bekerja harus terkandung 3 aspek yg musti terpenuhi:
1. Bahwa aktivitas yg dilakukan krn ada dorongan tanggung jawab.
2. Kegiatan yg dilakukan tsb adl sesuatu yg direncanakan dan karena kesengajaan.
3. Bahwa apa yg dilakukan itu dikarenakan krn adanya suatu arah dan tujuan yang luhur yaitu keinginan untuk mewujudkan agar dirinya menjadi bagian dari masyarakat yang terbaik.

Bekerja adalah kewajiban sekaligus merupakan salah satu identitas manusia guna meninggikan martabat dirinya sebagai hamba Tuhan, dengan demikian tampaklah bahwa bekerja dan kesadaran bekerja mempunyai 2 dimensi yang berbeda. Kesadaran bekerja akan melahirkan suatu improvement untuk meraih nilai yang lebih bermakna dan ingin menunjukkan kemampuan diri dg upaya yg sungguh" mengeluarkan seluruh aset pikiran, kemampuan utk mengaktualisasikan dirinya sbg hamba Tuhan yg hrs menundukkan dunia dg melakukan analisa perencanaan hidup yg baik dan mampu menuangkan ide dlm karya prestasi.

P E N T I N G !!!
Visi Bekerja
Harus tertanam dlm keyakinan kita bahwa bekerja adalah amanah Tuhan, shg hrs ada sikap mental bahwa :
1. Karena bekerja adalah amanah, maka kita hrs bekerja dg kerinduan dan tujuan agar pekerjaan kita menghasilkan tingkat hasil(performances) yg seoptimal mungkin.

2. Ada semacam kebahagiaan ketika melaksanakan pekerjaan karena dg melaksanakan pekerjaan tsb berarti kita telah melaksanakan perintah Tuhan

3. Tumbuh kreativitas utk mengembangkan, memperkaya dan memperluas pekerjaan, dg demikian akan tumbuh berbagai kegiatan dan tantangan yg berarti menunjukkan bertambahnya amanah Tuhan pd diri kita.

4. Ada semacam "malu hati" bila pekerjaan tdk kita laksanakan dg baik krn berarti sebuah penghianatan thd amanah Tuhan

Dengan cara pandang(visi) spt tsb diatas maka setiap manusia adalah tipikal pribadi yg terus meronta, gelisah dan berpikir keras secara kesinambungan, mencari terobosan, inovasi serta aktivitas yg penuh arti, terus mengalir tak pernah lelah.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

menginspirasi

Unknown mengatakan...

kalau bisa setiap post anda diberikan daftar pustaka agar lebih membantu

Posting Komentar

Trima kasih atas komennya Gan.....

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes