Sabtu, 14 Juli 2012

Kandungan dan manfaat sayur bayam


Bayam yang sering muncul di meja makan sebagai sayur bening, campuran gado-gado, pecel, belakangan juga dijadikan keripik, bernama Latin Amaranthus tricolorLinn dari suku amaranthaceae. Di negari kita, selain bayam berdaun hijau, ada juga yang merah. Bayam banyak dijual di tukang sayur keliling maupun di pasar. Harga yang ditawarkan murah, sementara kandungan gizinya segudang.

KANDUNGAN DAN MANFAAT.
Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng.

KANKER.
Serat pada bayam yang mampu mencegah sembil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) "nyangkut" di dinding usus. Selain itu, klorofil pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah kanker.

JANTUNG KORONER.
Bayam yang mengandung kolin dan inositol mampu mencegah jantung koroner. Kedua senyawa ini bahu membahu mencegah penimbunan plak.

DIABETES MELLITUS
Kandungan seratnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.

KESEHATAN MATA.
Luteinnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, risiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%.

ANEMIA. Kandungan zat besi pada bayam tak diragukan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandugnan zat besinya dua kali lipat lebih banyak sayuran lainnya. Cocok diasup oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi.

MENURUNKAN BERAT BADAN.
Bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberi rasa kenyang di lambung.

LAIN-LAIN.
Bayam kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi mencegah pertumbuhan janin yang cacat. Kandungan kalsium dan magnesiumnya berkhasiat menguatkan tulang dan gigi.

PERLU DIPERHATIKAN.
Saat memasak bayam, jangan dipotong terlalu kecil dan dimasak sampai terlalu matang karena akan menghilangkan sebagian kandungan vitaminnya. Mereka yang menderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya mengasup bayam dalam jumlah secukupnya saja.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 g BAYAM
Energi         
     36   kal
Protein        
     3,5  g
Lemak         
    0,5  g
Karbohidrat  
 6,5  g
Serat        
       0,8  g
Kalsium    
     267    mg
Fosfor         
   67   mg
Besi            
   3,9 mg
Vitamin A
    6.090   IU
Vitamin B1   0,08 mg
Vitamin C   
 80     mg
Air             
  86,9   g

Sumber : 
http://intisari-online.com/home/read/29/profil-buah-sayur-bayam

4 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

mkasih artikelx gan.

fandy mengatakan...

sama-sama gan, moga bermanfaat ya gan

Obat Jerawat Herbal mengatakan...

thanks ya informasi bayam merahnya

Manfaat Bayam Untuk Ibu Hamil mengatakan...

Cukup banyak gan manfaat bayam,,, sebenranya kandungan proteinnya juga banyak sekali bahkan ada banyak sekali jenis protein di dalamnya.

Posting Komentar

Trima kasih atas komennya Gan.....

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes